Sirkuit Balapan Termegah di Dunia

1. Laguna Seca

Berada     di luar mainland AS, sirkuit ini bisa disebut sebagai sirkuit     terkenal  di Amerika Utara.  Menjadi tuan rumah bagi kontes adu balap     seperti  MotoGP, WSB, dan  AMA racing. Laguna Seca didominasi oleh liukan      legendarisnya,  Corkscrew corner, turunan spiral menurun yang    menyulitkan   setiap  kamera TV. Ruas lap hairpin Andretti di Laguna Seca    menjadi    rintangan unik bagi para pembalap. Sirkuit sepanjang 2.238    mile, 11    tikungan ini sendiri berlatarkan asri hijau taman hutan,    dekat,    California.

2. Brands Hatch 

Terletak     20 mil dari London, Brands Hatch menjadi salah satu sirkuit  favorit    di  Inggris.  Sirkuit sepanjang 2.3, 9 tikungan ini melegenda  ketika     menjadi  tuan rumah balapan WSB pada tahun 1990an, dimana 100,000   orang     tumpah ruah menonton balapan di sirkuit ini.

3. TT Course 

The      Isle of Man adalah sebuah pulau unik yang terletak antara Inggris    dan    Irlandia, memiliki parlemen sendiri, hukum dan sistem pajak.   Setelah     krisis finansial dunia, pulau ini kebanyakan dihuni oleh  para  bankir     dan pembalap motor - nah, kini hanya para pembalap saja  yang  masih     tinggal. Sirkuit balap TT Course pertama kali dibuka  pada tahun   1907,    dan balapan masih dilakukan hingga saat ini namun  dengan rute   ruas jalan    tertutup. Ini belum seluruh ruas jalanan  lembah pedesaan,   ruas jalan    yang bergelombang dan tekstur yang  indah, membuat pulau   ini sebagai    surga bagi para biker tergila  sekalipun yang ingin bebas   ngebut bebas    polisi. Sirkuit modern TT  Course sepanjang 37,5 mil,   plus 200 tikungan    siap untuk dilahap  oleh siapapun.

4. Phillip Island 

Pulau      dengan sirkuit balap ini terletak di di pesisir berbukit di pulau       Philip, memberikan aura tersendiri bagi para pembalap dunia.  Sepanjang      2.7 mil dengan 12 tikungan, termasuk tikungan menurun  legendaris yang      menegangkan, Lukey Heights. Menyaksikan para  ksatria motor GP  saling     bertarung memperebutkan posisi merupakan  momen balapan  terbaik dan  tak    terlupakan.

5. Donington 

Donington     Park salah satu sirkuit terpopuler di Inggris.  Berada di  tengah     Inggris, dekat Leicester, sirkuit sepanjang  2.5-mile, 12 tikungan  ini     memiliki dua kelokan tajam yang terkenal,  Redgate dan Craner  Curves.     Kontur sirkuit balapan yang sedikit  curam, menjadikan setiap  balapan     MotoGP menjadi begitu serunya. Dan  bagi para diehards motor  balap  di    Inggris, Donington bak  jantungnya olahraga Britania.

6. Mugello 

Sirkuit      ini terletak di pojok wilayah yang begitu indah, La Dolce Vita,  di      Florence. Mugello memiliki 15 tikungan dengan panjang 3.26.  bermukim    di   perbukitan, dengan kontur tanah naik turun, dan  memiliki trek  lurus     yang terpanjang. Bayangkan para biker MotoGP  menggenjot motor  hingga  200    mph-plus sebelum akhirnya rem mendadak  ketika bertemu  tikungan   pertama   menanjak.

7. Sepang 

Sirkuit     Sepang memang proyek mercusuar pemerintah Malaysia. Sirkuit ini      menjadi salah satu sirkuit kelas dunia yang mewah.  Berjarak 3.44-mile,      sirkuit ini sangat artistik dengan atap  stadium seperti pohon palem,      representasi kejayaan ekonomi negara  tersebut.

bwatbel sumber