Sepeda motor, rasanya sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang Indonesia, tul ga? Berangkat kerja pake motor, berangkat kuliah pake motor, pulang kampung? pake motor juga donk. Sebagian besar motor jaman sekarang (tahun 2000 keatas) sudah menggunakan mesin teknologi 4 tak. Memang ada teknologi lain? ada donk – teknologi 2 tak namanya. terus perbedaan 4 tak dan 2 tak itu apa ya..
Inilah bedanya
Motor 2 tak vs 4 tak
1. Mesin 4 tak itu pakai katup, knalpot tidak mengeluarkan asap (kecuali kalau klepnya rusak), dan tidak memakai olie samping, hanya pakai olie mesin.
2. Mesin 2 tak itu tidak pakai katup, knalpotnya mengeluarkan asap (kecuali kalau disetting sedemikian rupa sampai ga ada asapnya), pakai olie samping, juga pakai olie mesin.
Kenapa namanya 4 tak dan 2 tak – 4 tak itu maksudnya 4 langkah, sedang 2 tak itu maksudnya 2 langkah? lhoo memang mesin punya kaki kok pake melangkah melangkah?
Jadi gini, 4 langkah itu maksudnya 4x kali gerakan piston baru bensin disemprot ke mesin sedang 2 langkah maksudnya 2x gerakan piston bensin langsung disemprot ke mesin. Jadi secara bahasa sederhanya, 4 tak lebih hemat bensin dari 2 tak. Dan juga berati 2 tak 2x lipat lebih cepat dari 4 tak. maksudnya? dalam itung2an sederhana mesin 100cc 2 tak baru bisa dilawan dengan mesin 200cc 4 tak. Itu dalam bahasa sederhana. Tapi seistem 4 tak lebih efisien dari sistem 2 tak jaman dulu kala. Jadi 100cc 2 tak, cukup dilawan dengan 110cc 4 tak doank (misalnya kayak gitu )
Wah mbulet banget? terus gimana cara tau bedanya motor 4 tak dan 2 tak. Gampang banget, Mesin 4 tak knalpotnya nyaris tidak berasap dan tidak bersuara (kecuali beberapa motor 4 tak seperti Satria FU, GL-Max, yang punya suara khas). Sedang knalpot motor 2 tak selalu berbunyi Treng teng teng teng atau Trong dong dong don (vespa lama ). Yang paling gampang liat aja bagian head mesin, kalo 4tak ada skrup klep-nya kalo 2tak enggak.
Terus yang pertama kali masuk ke Indonesia itu motor 4 tak atau 2 tak?
Emm… hokage bukan sejarawan sih, tapi kalau mendengar cerita dari para sesepuh Konoha, motor 4 tak lah yang pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia. Hanya saja kejadian itu lamaaa sekali. Konon kata ngkong (kakek) saya, Jaman dulu motor 4 tak itu dibagi 2, ada yang mahal dan cc-nya gede seperti BSA, Norton, Triumph, dan Harley. Dan ada yang murah meriah tapi cc-nya kecil model Ducati (ducati zaman dulu ga kayak Ducati Diavel, Ducati zaman dulu cuma 60cc), Zundapp, terus muncul Honda, Yamaha 2 tak, Suzuki 2 tak pada tahun 1960-an. Gitu lah seingat Ngkong hehehe.
http://ninjakonohajournal.blogspot.com/2011/06/beda-mesin-2-tak-dan-4-tak.html