Burung Cendrawasih ( bird of paradise )

Burung cendrawasih sering juga disebut dengan bird of paradise merupakan burung khas daerah Papua. Dari sekitar 43 species jenis burung ini sudah sekitar 35 species bisa ditemukan didaerah Papua sedangkan sisanya sudah sangat sulit untuk ditemukan. Cendrawasih jantan memiliki kelebihan pada bulunya yang sangat cerah dengan kombinasi hitam,coklat kemerahan,oranye,kuning,putih,biru,hijau dan ungu. Species cendrawasih yang terkenal diantaranya yaitu Paradisae apoda,Paradisae minor,Cicinnurus regius dan Seleucidis melanoleica.Burung ini biasa hidup dihutan yang lebat ataupun didataran rendah .
Dahulu populasi burung ini sangatlah banyak menyebar dihutan Papua yang mana pada akhirnya semakin berkurang karena banyaknya perburuan untuk diperjualbelikan ataupun dikonsumsi dagingnya. Disamping paktor lain seperti semakin menyempitnya lahan sebagai akibat dari banyaknya penebangan hutan.

Berdasarkan surat keputusan Menteri kehutanan, perburuan jenis cendrawasih sudah dilarang dan sebagian seperti cendrawasih raja, cendrawasih botak,cendrawasih merah,toowa dan cendrawasih kecil ekor kuning sudah dimasukan sebagai jenis satwa yang dilindungi berdasarkan UU No 5 tahun 1990 dan PP RI No 7 tahun 1999.


http://burungkicaumania.blogspot.com/2009/07/cendrawasih.html